Jumat, 21 Maret 2014

macam 2 batuk



jika anda ingin tahu  jenis 2 batuk,serta cara penanganya atau ingin tahu nama nama batuk berikut ulasanya,Banyak orang menganggap bahwa batuk adalah penyakit, padahal batuk bukanlah penyakit, tetapi merupakan reflek dari pertahanan tubuh dalam rangka untuk mengeluarkan benda asing pengganggu yang berada dalam saluran pernafasan. Adanya virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya yang bersarang pada saluran pernafasan mengakibatkan sistem imun tubuh langsung bekerja dengan cara mengeluarkan dahak, lendir atau benda asing tersebut. Meskipun batuk bukanlah penyakit, namun Anda tidak boleh meremehkannya karena bisa jadi merupakan gejala dari suatu penyakit yang berbahaya. Pengetahuan tentang macam-macam batuk dan pengobatannya sangat penting agar Anda tidak salah mengambil tindakan pengobatan.
Selain mengetahui macam-macam batuk dan pengobatannya, Anda juga harus mengetahui penyebab dan gejala batuk, serta bagaimana cara menghindarinya. Jenis batuk dibagi menjadi tiga, yakni :
  • Batuk berdahak
    Batuk berdahak biasa disebut dengan batuk infeksi. Batuk berdahak disebabkan adanya infeksi bakteri dan virus, seperti influensa, campak, tuberculosa. Batuk berdahak biasanya disertai gejala demam, bersin-bersin, otot kaku, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan.
    Batuk berdahak harus segera diobati karena dikhawatirkan dapat memperparah infeksi pada saluran pernafasan. Dahak yang mengental dalam jumlah banyak bisa menyumbat saluran pernafasan dan mengganggu penderita. Obat yang digunakan tentunya harus yang mampu mengencerkan dahak (expectorant) sehingga dahak bisa dikeluarkan dengan mudah. Selain itu, batuk berdahak karena infeksi virus bisa diobati dengan antibiotik dan obat anti jamur yang penggunaannya tentu harus sesuai dengan rekomendasi dokter.
  • Batuk kering
    Merupakan batuk yang ditandai rasa gatal di tenggorokan, namun tidak mengeluarkan lendir atau dahak. Penyebab batuk kering bukan karena infeksi, melainkan adanya alergi (makanan, debu, asap), asma, dan komplikasi obat-obatan. Batuk kering sangat mengganggu sehingga harus segera dilakukan pengobatan. Obat yang bisa digunakan harus bersifat menekan batuk (antitusif). Jadi jangan sampai saha memilih obat batuk, karena beda gejala, tentu beda juga obatnya.
  • Batuk khusus
    Batuk khusus dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya : batuk rejan, batuk karena penyakit, misalnya : asma, TBC, jantung lemah, kanker, dan lain sebagainya.
Apapun jenis batuknya, tentu sangat menyiksa Anda bukan? Untuk itu, kita semua harus melakukan upaya untuk menghindarinya, misalnya dengan membiasakan hidup sehat, cukupi asupan cairan, konsumsi makanan bergizi seimbang, istirahat yang cukup, hindari kebiasaan hidup tidak sehat, dan lain sebagainya. Semoga informasi tentang macam-macam batuk dan pengobatannya diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar